Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru – Kebiasaan adalah tindakan yang lazim dilakukan suatu masyarakat secara sadar atau tidak sadar. Kebiasaan juga melekat dan mempengaruhi lapisan masyarakat yang terdiri dari dua kebiasaan yaitu negatif dan positif. Pada dasarnya kebiasaan yang positif lahir karena dianggap baik dan dipertahankan sehingga menjadi cerminan di suatu masyarakat, contohnya kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Namun setiap kebiasaan memiliki keunikan tersendiri, seperti halnya negara Jepang yang memiliki karakteristik orangnya yang berbeda dengan negara lain sehingga sedikit banyak perlu kiranya mengenal kebiasaan orang jepang yang patut ditiru.

 Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru

1. Mengantri

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru
source: google img

Budaya mengantri di jepang dibentuk sejak masa kanak-kanak, di mulai dari mendisiplinkan diri, bekerja sama dan saling menghormati. Sejak itu pula mereka mendapatkan pelajaran shuudankoudou atau aksi kolektif yang tertanam dan melekat sampai orang jepang dewasa. apa saja yang sering orang jepang antrikan,

Pertama mengantri toilet, meskipun toilet di jepang sangat sempit namun orang jepang membentuk pola agar seefektif mungkin.

Kedua, antri di depan kasir merupakan kebiasaan yang diterapkan di Jepang dengan tertib dan dalam kondisi apapun. kebiasaan ini merupakan tindakan adil kepada setiap orang dan tidak perlu ribut untuk dilayani duluan atau ada keperluan lain mendadak sehingga menyalip barisan antrian.

Ketiga, menunggu transportasi datang di Jepang mengutamakan dahulu yang turun sehingga tercipta ketertiban karena kalau tidak teratur akan memakan banyak waktu dan bahkan bisa menyebabkan cidera serius bagi pengguna transportasi lain.

Keempat yaitu antri mau naik dan turun tangga, hal ini berkaitan dengan etos kerja orang jepang yang serba cepat saat berjalan kaki sehingga naik dan turun tangga tidak akan menimbulkan kemacetan, jam kerja yang sibuk membuat orang Jepang sangat perhitungan dengan waktu sedikitpun.

Kelima yaitu antri membeli sesuatu yang unik sampai berjam-jam, di Jepang sesuatu yang unik akan menjadi viral selama bertahun-tahun benda langka, unik dan makanan baru yang ada di jepang akan tetap menyebabkan antrian panjang selama bertahun-tahun.

Keenam yaitu antri beli tiket, hal ini di beberapa negara menjadi hal yang sangat rawan dengan kerusuhan karena ribuan orang akan memadati antrian selama berjam-jam sehingga memicu naiknya tensi orang yang ada di dalam antrian namun di jepang semua tertib dan bahkan untuk menikmati band sesukaan harus menjadi fans club agar mendapatkan tiket.

Baca juga informasi tentang: Mengenal Waralaba Makanan Jepang di Indonesia

2. Rajin Membaca

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru
source: Wiki img

Orang jepang tergolong orang yang memanfaatkan waktunya dengan maksimal yaitu dengan cara membaca, membaca bisa dikatakan hobi masyarakat jepang kebanyakan dilakukan di dalam transportasi umum, tempat umum dan banyak lagi. Karena hobi mereka membaca maka tidak ada waktu luang untuk memainkan gadget. Buku yang dibaca juga bervariasi seperti novel, koran, majalah, komik dan bacaan pengetahuan lainnya. Mereka kebanyakan mengeluarkan Gadget mereka pada waktu tertentu, selain  itu peraturan di sekolah pun jelas melarang siswa membawa ataupun menggunakan Gadget karena dapat mengganggu proses belajar siswa, adanya peraturan ini tidak memberatkan siswa sekalipun.

 

3. Tidur dan pendiam saat bekerja karena pekerja keras

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru
source: google images

Peraturan di Jepang memperbolehkan para pekerja untuk tidur siang, malah tertidur saat bekerja merupakan hal yang positif mengingat jam yang sangat sibuk di Jepang. Pekerja yang kelelahan biasanya memiliki waktu untuk tidur siang dan para pimpinan ada yang memperbolehkan ada pula yang membuat peraturan seperti itu. Waktu tidur untuk para pekerja sekitar 30 menit dan tidak akan ada sanksi apapun. Selain tidur saat bekerja, orang jepang juga sangat pendiam saat bekerja walaupun misalnya duduk sangat berdekatan dengan rekan sekerja, hal ini mungkin berkaitan dengan etos kerja dan predikat orang jepang yang sangat berdedikasi dengan pekerjaaannya karena waktu adalah uang, maka orang jepang tidak akan membuang waktu dengan mengobrol dan bermalas-malasan di kantor.

 

4.  Hemat dan malu

Mengenal Kebiasaan Orang Jepang yang Patut ditiru
source: jpn img

orang jepang memang terkenal hemat dengan baik mengelola keuangannya dibanding negara lainnya, hal ini juga berlaku untuk masyarakatnya dengan memaksimalkan pengeluarannya. Kebanyakan orang Jepang juga belanja di toko pada menjelang toko itu tutup karena ada beberapa diskon menjelang toko tutup. Tidak hanya hemat, namun juga ada budaya malu yang berkembang di tengah masyarakat jepang.

baca juga artikel sebelumnya:  fakta tentang makanan jepang yang belum anda tahu

 

Leave a Reply